Panduan Lengkap Cara Mengemudi Mobil Matic | Mobilkuhino


Cara mengemudi mobil matic – Tentu kalian sudah akrab dengan istilah matic. Istilah matic sendiri sudh di kenal masyarakat luas. Pasalnya, sejak 15 tahun terakhir ini industry otomotif demikian gencar dan menelurkan inovasi-inovasi terbarunya.  Salah satunya adalah kendaraan yang bertransmisi otomatis.

cara mengemudi mobil matic
image by google

Sebelum kita lanjut ke tujuan di tuliskannya artikel ini yaitu cara menyetir mobil matik atau mobil yang bertransmisi otomatis, mobilkuhino akan memberikan sedikit gambaran mengenai  mobil matik di bandingkan dengan mobil manual dari sistem kerja mesinnya.

Setiap kendaraan, entah itu mobil ataukah motor memiliki sistem percepatan yang di sesuaikan dengan siapa yang mengemduikannya. Misalnya saja mobil yang bertransmisi manual, memiliki sistem perseneling untuk mengatur perpindahan gigi, muali dari gigi 1, gigi 2 gigi 3 sampai dengan gigi 6 ataukah lebih tergantung dari jenis mobilnya.

Setiap gigi perseneling memiliki batas kecepatan yang tidak dapat di lampaui biar pada RPM sampai garis merah.  Misalnya pada gigi 3, kecepatannya tetap akan begitu pada RPM tinggi jika kita tidak memindahkannya ke gigi di atasnya.

Disinilah perbedaan yang paling mencolok antara mobil matik dan mobil yang menggunakan perpindahan gigi secara manual. Dala mobil matik tidak ditemukan pedal kopling serta pedal perpindahan gigi transmisi.

Jadi di sini kalian sudah memiliki gambaran seperti apa cara mengemudikan mobil manual dan cara mengemudikan mobil matik.  Baiklah jika masih bingung dengan penjelasan di atas. Di bawah saya akan tunjukkan cara menyetir mobil matik

Tata Cara Mengemudikan Mobil Matik  Bagi Yang Baru Belajar


Saya anggap kalian telah mengenal betul bagian-bagian mobil yang perlu di ketahui oleh seorang sopir.  Dan yang paling utama di pahami oleh seorang pemula yang baru nyetir mobil adalah mana yang di maksud rem ? mana kopling, mana pedal gas, persenelang,  dan sebagainya.  Namun menyetir mobil matik kita tidak memiliki kopling. Ok. langsung saja cara mengendarai mobil matic sebagai berikut : 

1. Setelah mesin hidup, untuk menjalankan mobil bergerak maju kita injak pedal rem lalu geser pedal transmisi ke posisi D, sedangkan untuk membuatnya mundur kita geser pedal transmisinya ke posisi R. Sesuai dengan keinginan anda.

2. Nah untuk menjalankan mobilnya lepas rem tangan kemudian lepas injakan rem, lalu tekan pedal gas secara perlahan-lahan, untuk mengontrol laju kendaraan. Sebab menekan terlalu dalam bisa membuat mobil matik melaju cepat dan hal ini cukup berbahaya bagi mereka yang baru belajar mengemudikan mobil matik.

3.Jika melewati  jalan menanjak, pindahkan tuas ke posisi L/1. Posisi ini adalah posisi di mana kekuatan mobil dapat merangkak di medan berat seperti pendakian.

4. Jika ingin memarkir mobil, kita perlu memindahkan tuas dari posisi D ke posisi P. Jika hal ini tidak di lakukan maka kunci kontak tidak dapat terbuka.

Hanya seperti itu cara mengemudikan mobil matik. Yah cukup sederhana dan sangat mudah mempelajarinya di bandingkan dengan mobil yang bertransmisi manual. Sebab mobil manual ada banyak yang perlu di perhatikan, mulai dari menginjak kopling, cara memindahkan perseneling dari gigi satu ke gigi selanjutnya. 

Perpindahan gigi adalah hal yang cukup sulit di lakukan bagi orang yang baru belajar naik mobil. Pasalnya bagi orang awam memindahkan gigi, terkadang mobil mati medadak, mobil melaju tidak terkontrol, dan lain sebagainya.Hal ini di sebabkan tidak sinkronnya antara gas, kopling dan perpindahan gigi.

Sedangkan cara mengendarai mobil matic, saat mobil sudah melaju maka kita hanya focus pada pedal gas, jadi yang banyak bekerja adalah kaki kanan saja. Pada mobil matik, saat mobil dalam kondisi normal atau idle tanpa menekan gas pun biasanya mobil tetap akan melaju jika posisi tuas berada di D.

Tentu kalian akan bertanya ! wah bahaya dong kalo gitu, bisa-bisa mobil langsung melaju kalau kontak di nyalakan. Sebagai antisipasi dari kecanggihan mobil matik ini atau lebih tepatnya mobil keluaran terbaru. Mesin tidak bisa hidup kalau kita tidak menekan rem. Dan meski mesin sudah menyala rem masih perlu di tekan untuk memindahkan tuas persenelangnya ke posisi D atau R untuk mundur.

Itulah kemudian yang menjadi salah satu factor mobil yang bertransmisi otomatis atau matik di gemari, karena dalam menyetirnya kaki kiri tidak banyak bekerja. Apalagi buat wanita yang baru belajar mereka cenderung memilih mobil matik. Begitupun dalam kondisi jalan ramai atau macet, kita tidak perlu capek menekan kopling seperti pada mobil manual.



Demikianlah artikel cara mengemudi mobil matic secara ringkas, walau pada praktik pembelajaran nantinya ada banyak yang perlu di pahami lebih lanjut, seperti senteran mobil, cara berbelok, dan lain sebagainya, namun hal itu hanya bisa di ketahui jika langsung di praktikkan. Selamat belajar !!!