Cara Menyetel Karburator Mobil Sendiri Agar Nyaman Dan Irit Bahan Bakar


Cara Menyetel Karburator Mobil - Kali ini mobilkuhino.blogspot.com akan menyajikan cara melakukan setelan pada karburator mobil yang tepat agar mobil jadi enteng dan bikin awet. Tips berikut ini dapat di pergunakan pada semua tipe mobil termasuk dengan mobil truck. Karena pada prinsipnya sistem kerja sebuah karburator kendaraan adalah media perbandingan antara bensin dan udara agar tepat. Ktepatan perbandingan ini sangat berguna bagi kendaraan, mulai dari akan semakin nyaman bagi pengendara dalam mengemudikan mobilnya, membuat awet kendaraan, dan tentunya konsumsi bahan bakar akan tepat guna, alias dapat menghasilkan tenaga yang besar sehingga mesin tidak bekerja begitu saja.

Ada beberapa tanda Jika mobil di perlukan setel ulang karburatornya. Misalnya bunyi mesin terasa dan terlalu kasar. Saat demikian sebagai pemilik kendaraan, dapat mempraktikkannya sendiri cara menyetel karburator mobil sendiri tanpa perlu bawa ke bengkel.

Yang perlu dilakukan adalah mengatur campuran yang tepat antara angin dengan bahan bakar pada karburator. Agar mesin tidak bekerja terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat.

Cara Menyetel Karburator Mobil Termasuk Mobil Truck Hino

Menyetel karbu sangat mudah di lakukan cukup menyediakan alat berikut ini
Obeng pipih, Tang, dan Tissue kertas

1. Nyalakan mesin

Untuk mendapatkan hasil yang tepat dalam cara menyetel karburator, terlebih dahulu mesin perlu di hidupkan, agar semua komponen mesin, oli, mendapatkan suhu normal. Jika tidak di panaskan terlebih dahulu, kita akan kesulitan mendapatkan setelan yang bagus di karburator.




cara menyetel karburator salah satunya lepas saringan udara


2. Lepaskan saringan Udara

Langkah pertama yang perlu di lakukan sebelum melakukan setelan pada karburator mobilnya adalah, temukan saringan udara kemduian lepaskan. Cara melepaskannya adalah melepas sekrup yang mengikat saringan udara itu, Pada umumnya saringan udara atau filter udara untuk beberapa merek mobil perlu di copot terlebih dahulu demi menjangkau karburator mobil.
Tempat filter udara, berada di tempat yang tidak sama untuk setiap jenis dan merk mobil, untuk lebih jelasnya baiknya lihat buku panduan atau tanyakan ke mekanik yang di kenal.

3. Temukan Baut Setelan Karburator

cara menyetel karburator motor mobil dan truck hino


Setelah saringan udara terbuka, maka kita dengan mudah akan menemukan dua buah baut untuk mengatur jumlah campuran bensin dan udara di dalam karburator. Baut yang satu untuk atur bensin dan baut yang satunya untuk setelan udara yang masuk di karburator.

4. Perhatikan suara mesin

Perlu di ketahui bahwa mesin yang memiliki campuran udara dan bensin yang kurang akan berdenging pada gas / RPM tinggi. Saat demikian kita perlu menambahkan bensin pada campuran.
Sedangkan sebaliknya, campuran bensin yang banyak juga suaranya berdenging namun akan terasa aroma bensin. Kurangi setelan baut bensinnya.

5. Temukan setelan baut yang sesuai

Cara menyetel karburator mobil atau kendaraan yang baik adalah di perlukan perkenalan dengan suara mesin yang baik pula, sebab setelan karburator di perlukan pendengaran yang tajam akan putaran mesin yang baik. Agar kita bisa menemukan suara tersebut.
Untuk menemukan suara mesin yang bagus adalah putar sekrup dengan obeng seperempat putaran berlawanan arah jarum jam, dan balas putaran tersebut sampai menemukan suara mesin lembut, begitupun sebaliknya pada baut yang satu. Putar berlawanan arah jarum jam dan balas putaran tersebut, sampai tidak ada bunyi tersedat pada RPM yang tinggi.
Gerakan baut perlu di lakukan perlahan dan bertahap agar di temukan posisi yang sesuai.

6. Pasang Saringan Udara

Letakkan kembali saringan udara pada tempatnya, jika sudah di temukan posisi yang tepat.
 

Demikianlah cara menyetel karburator mobil dan kendaraan lainnya termasuk dengan mobil truck hino, Dengan pemahaman seperti yang ada di atas kita dapat melakukannya sendiri tanpa perlu menghubungi mekanik atau membawa mobil ke bengkel. Sebab pada waktu tertentu mengatur ulang setelan karburator mobil perlu di lakukan agar campuran bensin dan udara selalu berada dalam kondisi yang baik. Kulaitas mesin akan terjaga, dan pastinya umur kendaraanpun akan awet. Terima kasih !